Selasa, 21 Januari 2020

Paling Ampuh! Ini Dia Cara Cepat Mengatasi Radang Tenggorokan Tatkala Musim Hujan!


Ketika musim hujan datang, banyak penyakit yang lebih rentan terjangkit pada seseorang yang daya imunnya kurang. Sebut saja radang tenggorokan. Adapun gejala yang biasanya ditunjukkan oleh penyakit ini ialah tenggorokan yang gatal dan terasa kering, adanya rasa nyeri di tenggorokan saat Kita menelan sesuatu, amandel yang berubah memerah, dan banyak lainnya.

Paling Ampuh! Ini Dia Cara Cepat Mengatasi Radang Tenggorokan Tatkala Musim Hujan!

Selain disebabkan oleh perubahan musim yang ekstrem, yakni dari panas ke dingin, radang pada tenggorokan juga bisa terjangkit akibat pertumbuhan bakteri. Umumnya bakteri tersebut bisa masuk karena adanya luka di bagian tenggorokan. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Cara Cepat dan Cerdas Mengatasi Radang Tenggorokan

Ada beberapa cara cerdas nan cepat yang bisa ditempuh seseorang tatkala dirinya menderita radang pada tenggorokannya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1.       Kumur Dengan Air Garam
Kandungan yang ada di dalam garam terbukti secara ilmiah mampu membantu menstimulasi keluarnya air dari dalam jaringan mulut, juga menciptakan penghalang yang akan mengunci air agar tidak keluar, serta mencegah masuknya patogen yang berbahaya agar tidak masuk lagi ke dalam.

Hal tersebutlah yang kemudian membuat kandungan dalam air garam mampu menghalangi virus dan bakteri penyebab radang pada tenggorokan, serta mengurangi adanya kemungkinan infeksi pada bagian mulut dan juga tenggorokan.

2.       Perbanyak Minum Air Putih
Air putih ini bisa dikatakan sebagai obat dari berbagai penyakit dalam tubuh manusia. Pun demikian dengan penyakit radang pada tenggorokan. Saat mengalami radang pada bagian tenggorokan, Anda disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 2 liter air putih dalam sehari untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan radang yang semakin memburuk keadaannya.

3.       Minum Teh Lemon Madu
Menggunakan bahan alami untuk menyembuhkan radang memang dirasa paling tepat dan aman dari segala efek sampingnya. Sebut saja penggunaan teh yang dicampur dengan lemon dan madu. Kandungan yang ada di dalam teh mampu menciptakan sensasi relaksasi yang kemudian akan meringankan rasa sakit yang dialami.

Sedangkan untuk dua bahan campurannya, yakni lemon dan madu, mengandung vitamin C dan kandungan nutrisi yang akan meningkatkan kekebalan tubuh. Hal itulah yang memungkinkan tubuh untuk bisa melawan dan bertahan dari berbagai serangan bakteri dan virus penyebab radang pada tenggorokan.

4.       Minum Susu Kunyit
Susu dikenal sebagai salah satu minuman yang akan meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Sedangkan kandungan yang ada di dalam kunyit, yakni anti inflamasi dan anti bakteri, mampu melawan infeksi dan penyakit seperti radang tenggorokan.

5.       Kurangi Konsumsi Kafein
Minuman yang mengandung kafein tinggi dipercaya akan membuat mulut dan juga tenggorokan semakin kering. Akibatnya, radang pada tenggorokan pun akan semakin buruk kondisinya.

6.       Konsumsi Bawang Putih Mentah
Mengandung anti inflamasi dan juga antibiotik dalam jumlah yang cukup tinggi, bawang putih mentah diklaim mampu meringankan rasa sakit dari radang di tenggorokan pun menyembuhkannya dalam kurun waktu yang relatif cepat. Menurut para ahli, pengobatan ini akan berefek maksimal jika penderitanya mengonsumsi 1 siung bawang putih.

7.       Hindari Aktivitas Merokok
Bukan hanya bagi mereka yang sedang menderita radang, tapi juga untuk semua orang yang tidak ingin terjangkit penyakit pada saluran pernapasannya. Hindarilah merokok!

Merokok sendiri dapat menyebabkan kondisi tenggorokan semakin kering. Hal itulah yang akan menyebabkan kondisi radang tenggorokan semakin parah.

Cara-cara di atas bisa bekerja secara optimal jika dibarengi dengan pola hidup yang sehat serta dilakukan secara teratur. Cukup mudah bukan?
Share: